TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints73559 UR - http://digilib.unila.ac.id/73559/ A1 - ULFA, ANNISA Y1 - 2023/07/03/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 11 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-F sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-G sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol, yang dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian pretest posttest control design. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes uraian kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2022/2023. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) AV - restricted ER -