?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+PADA+MATA+PELAJARAN+PKn+DI+KELAS+VII.+A+SMP+BINA+UTAMA+KECAMATAN+ULU+BELU+KABUPATEN+TANGGAMUS+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013&rft.creator=GIYAR%2C+GIYARTO&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1603+Secondary+Education.+High+schools&rft.description=Tujuan+penelitian+tindakan+kelas+ini+adalah+untuk+menjelaskan+apakah+penerapan+model+problem+based+learning+dapat+mengetahui+dan+meningkatkan+kemampuan+pemecahan+masalah+pada+mata+pelajaran+Pendidikan+Kewarganegaraan+siswa+kelas+VII.+A+SMP+Bina+Utama+Kecamatan+Ulu+Belu+Kabupaten+Tanggamus+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013.+Penelitian+ini+dilaksanakan+dengan+proses+pembelajaran+yang+menerapkan+langkah-langkah+dengan+penerapan+model+problem+based+learning+pada+setiap+siklusnya%2C+metode+penelitian+ini+menggunakan+penelitian+tindakan+kelas+dengan+responden+kelas+VII.+A.%0D%0AHasil+penelitian+tindakan+kelas+yang+telah+dilaksanakan+oleh+peneliti+diketahui+bahwa+pada+siklus+I+rata-rata+aktivitas+belajar+siswa+sebesar+54%2C74%25%2C+mengalami+peningkatan+pada+siklus+kedua+sebesar+7%2C8%25+dengan+rata-rata+aktivitas+belajar+siswa+menjadi+62%2C54%25+dan+kemudian+pada+siklus+III+meningkat+lagi+sebesar+13%2C13%25+dengan+rata-rata+aktivitas+belajar+siswa+mencapai+75%2C67%25.+Dengan+demikian%2C+penerapan+model+problem+based+learning+dengan+selalu+memotivasi%2C+membimbing%2C+mengarahkan+siswa+pada+setiap+proses+pembelajaran+oleh+guru+dan+serta+melibatkan+siswa+dalam+membuat+kesimpulan+serta+melaksanakan+umpan+balik+dapat+meningkatkan+kemampuan+siswa+dalam+pemecahan+masalah+dan+aktivitas+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+Pendidikan+Kewarganegaraan+siswa+kelas+VII+A+SMP+Bina+Utama+Kecamatan+Ulu+Belu+Kabupaten+Tanggamus+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013.%0D%0AKata+kunci+%3A+Model+Problem+Based+Learning%2C+Kemampuan+Pemecahan+Masalah.&rft.publisher=FKIP&rft.date=2014-01-24&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F736%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F736%2F2%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F736%2F3%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F736%2F4%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F736%2F5%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F736%2F6%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F736%2F7%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F736%2F8%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++GIYAR%2C+GIYARTO++(2014)+PENERAPAN+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+PADA+MATA+PELAJARAN+PKn+DI+KELAS+VII.+A+SMP+BINA+UTAMA+KECAMATAN+ULU+BELU+KABUPATEN+TANGGAMUS+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++FKIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F736%2F