TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints736 UR - http://digilib.unila.ac.id/736/ A1 - GIYAR, GIYARTO Y1 - 2014/01/24/ N2 - Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menjelaskan apakah penerapan model problem based learning dapat mengetahui dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII. A SMP Bina Utama Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan proses pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah dengan penerapan model problem based learning pada setiap siklusnya, metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan responden kelas VII. A. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan oleh peneliti diketahui bahwa pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 54,74%, mengalami peningkatan pada siklus kedua sebesar 7,8% dengan rata-rata aktivitas belajar siswa menjadi 62,54% dan kemudian pada siklus III meningkat lagi sebesar 13,13% dengan rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 75,67%. Dengan demikian, penerapan model problem based learning dengan selalu memotivasi, membimbing, mengarahkan siswa pada setiap proses pembelajaran oleh guru dan serta melibatkan siswa dalam membuat kesimpulan serta melaksanakan umpan balik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII A SMP Bina Utama Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah. PB - FKIP TI - PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VII. A SMP BINA UTAMA KECAMATAN ULU BELU KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -