%A 1011011091 Mochammad Ferisqo Satya Negara %T PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI RAYA FUTSAL BANDAR LAMPUNG %X Saat ini bidang olahraga sudah menjadi salah satu lahan bisnis yang menjanjikan bagi para pelaku bisnis. Salah satu bisnis yang menjanjikan di bidang olahraga yaitu bisnis sewa lapangan futsal. Perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa sewa lapangan futsal salah satunya yaitu Raya Futsal Bandar Lampung. Raya Futsal Bandar Lampung menerapkan konsep Customer Relationship Management untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah terjadi penurunan jumlah pelanggan di Raya Futsal Bandar Lampung sepanjang tahun 2013 dan makin ketatnya persaingan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management terhadap loyalitas pelanggan Raya Futsal Bandar Lampung. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Raya Futsal Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan dari Raya Futsal Bandar Lampung. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda, dengan sumber data yang diperoleh melalui alat instrumen berupa kuesioner. Setelah dilakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa Customer Relationship Management memberikan pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan di Raya Futsal Bandar Lampung sebesar 64,3% berdasarkan hasil uji regresi linier berganda. Dan hasil pengujian hipotesis secara parsial dengan uji t menunjukkan nilai t hitung setiap variabel lebih besar dari t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: customer relationship management, loyalitas pelanggan, raya futsal bandar lampung %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Ekonomi dan Bisnis %L eprints7369