%0 Generic %A Fitra Rinjani Yusman , 1913022043 %C Universitas Lampung %D 2023 %F eprints:73690 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PROJECT-BASED BLENDED LEARNING (PjBBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA %U http://digilib.unila.ac.id/73690/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Project-Based Blended Learning (PjBBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Sampel yang digunakan yaitu, peserta didik kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini menggunakan Non-Equivalent Control Group. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar soal tes uraian. Pembelajaran dengan menerapkan PjBBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan melalui perolehan rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,63 lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol. Serta didukung dari data yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney, diperoleh nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 artinya bahwa pembelajaran dengan Project Based Blended Learning (PjBBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Kata Kunci: Project-Based Blended Learning, kemampuan berpikir kritis