TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints73697 UR - http://digilib.unila.ac.id/73697/ A1 - NUR AFIFAH , 1813033017 Y1 - 2023/06/19/ N2 - ABSTRAK IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023 Oleh NUR AFIFAH Salah satu media efektif dalam mengimplementasikan nilai-nilai multikultural adalah melalui pembelajaran sejarah. Kesadaran yang dibangun melalui pembelajaran sejarah yang diimplementasikan nilai-nilai multikultural pada siswa diharapkan tidak hanya dapat memperkaya budaya bangsa tetapi juga memiliki kepekaan sentuhan-sentuhan akan kemanusiaan dalam kesetaraan/persamaan dan keragaman yang pada gilirannya akan tercapai suatu integrasi bangsa yang dibangun dengan rasa memiliki (sense of belonging). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implemetasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah telah terimplementasi maksimal Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah tidak hanya diajarkan di dalam kelas saja, namun juga melalui pembelajaran di luar kelas. Kata kunci : implementasi, nilai-nilai multikultural, pembelajaran sejarah One of the effective media in implementing multicultural values is through historical learning. The awareness that built through historical learning which implements multicultural values in students hoped not only enrich the nation?s culture but also have a considerate touches of humanity in equality and diversity which in turn will achieve a national integration which built with sens of belonging. The purpose of this research is to know what multicultural values are implement in historical learning in SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. This research type is qualitative research. The data collection technique is observation, interview, questionnaire, and documentation. The data validity uses triangulation and source techniques. The data analysis is used interactive analysis model. Based on the research result reveal that the implementation of multicultural values in historical learning taught in SMAN 1 Tulang Bawang Tengah has been done tremendously. The implementation of multicultural values in historycal learning at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah is not only taught in the classroom but also through out of class. Key words: implementation, multicultural values, historical learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023 AV - restricted ER -