%0 Generic %A Naufal Puji Rahayu, 1913053071 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:73701 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI %U http://digilib.unila.ac.id/73701/ %X ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match terhadap hasil belajar IPA. (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan strategi card sort terhadap hasil belajar IPA. (3) perbedaan hasil belajar IPA antara model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match dan card sort peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain two group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan populasi sebanyak 59 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan memperoleh Fhitung = 78,079 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 serta R Square sebesar 0,743 pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol memperoleh Fhitung = 33.261 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 serta R Square sebesar 0,543. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match terhadap hasil belajar IPA dan pengaruh positif model pembelajaran kooperatif dengan strategi card sort terhadap hasil belajar IPA. Pengujian hipotesis untuk melihat perbedaan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPA antara model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match sebesar 7,705 ≥ card sort sebesar 2,482 peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Kata Kunci: hasil belajar, IPA, model pembelajaran kooperatif, index card match, card sort The problem of this research is the low science learning outcomes of the fifth grade students of SD Negeri 11 Metro Pusat. This study aims to determine (1) the effect of cooperative learning model with index card match strategy on science learning outcomes. (2) the effect of cooperative learning model with card sort strategy on science learning outcomes. (3) the difference in science learning outcomes between cooperative learning models with index card match and card sort strategies for fifth grade students of SD Negeri 11 Metro Pusat. The method used in this research is quasi experimental design with two group pretest-posttest design. This study used purposive sampling technique and a population of 59 students. The instruments used in this study were tests and non-tests. The data was analyzed using simple linear regression and obtained Fcount = 78.079 with a significance of 0.000 <0.05 and R Square of 0.743 in the experimental class, while the control class obtained Fcount = 33.261 with a significance of 0.000 <0.05 and R Square of 0.543. The results showed that there was a positive effect of cooperative learning model with index card match strategy on science learning outcomes and a positive effect of cooperative learning model with card sort strategy on science learning outcomes. Hypothesis testing to see the difference using the t test. The results showed that there was a difference in science learning outcomes between cooperative learning models with index card match strategies by 7,705 ≥ card sort by 2,482 at the fifth grade students of SD Negeri 11 Metro Pusat. Keywords: learning outcomes, science, cooperative learning model, index card match, card sort