%0 Generic %A Leny Aam, Safitri %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:73734 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI BERMUATAN MORAL TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN %U http://digilib.unila.ac.id/73734/ %X Kemandirian pada anak usia dini saat ini belum berkembang dengan baik, hal itu dapat dibuktikan dengan anak yang masih belum mandiri dengan hal-hal yang terbiasa dilakukan di sekolah seperti menaruh sepatu pada tempatnya, mengerjakan tugasnya sendiri, dan membereskan mainan setelah digunakan. Maka dari itu, pemberian video animasi bisa digunakan untuk menstimulasi kemandirian pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi bermuatan moral terhadap kemandirian pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen, desain penelitian yang digunakan dalam peneitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak Desa Sukanegara. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan hasil sampel berjumlah 17 anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan video animasi bermuatan moral terhadap kemandirian pada anak usia 5-6 tahun, artinya video animasi bermuatan moral dapat dijadikan sebagai strategi untuk menstimulasi kemandirian pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan variabel lain untuk melihat apa saja yang dapat mempengaruhi kemandirian selain variabel yang sudah diteliti sebelumnya.