%0 Generic %A KARINA , ELVIRA ADIANTI TARIGAN %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:73737 %I FAKULTAS PERTANIAN %T ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK PARFUM SEBATIN VARIAN SUNSET MOMENT %U http://digilib.unila.ac.id/73737/ %X Parfum Sebatin varian Sunset Moment merupakan produk parfum baru dari Lampung yang memberikan ciri khas aroma segar lemon dipadukan dengan rempah-rempah bahan hasil pertanian Lampung. Produk parfum ini membutuhkan upaya pengembangan produk dengan melakukan analisis preferensi konsumen. Analisis preferensi konsumen dilakukan dengan memberikan penilaian terhadap atribut produk Parfum Sebatin varian Sunset Moment.Atribut produk pada penelitian ini mengacu pada marketing mix 4P (product, price, place, and promotion). Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik konsumen Parfum Sebatin varian Sunset Moment serta mengetahui preferensi konsumen berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja atribut produk Parfum Sebatin varian Sunset Moment. Analisis deskriptif dan Importance Performance Analysis (IPA) dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik responden Parfum Sebatin varian Sunset Moment mayoritas berjenis kelamin perempuan, berusia 20-25 tahun, belum bekerja atau masih pelajar/mahasiswa, berpendidikan terakhir SMA/SMK/SMEA, dan memiliki pendapatan atau uang saku sebesar Rp. 1.000.000 - Rp. 3.000.000. Berdasarkan hasil Importance Performance Analysis (IPA) atrtibut-atribut Parfum Sebatin varian Sunset Moment terbagi dalam 4 kuadran Diagram Kartesius. Harga berada dalam kuadran 1 (prioritas utama) ; aroma, ketahanan aroma, kadar alkohol, dan kualitas bahan baku berada dalam kuadran 2 (pertahankan prestasi) ; merek/nama produk, kemasan (bentuk, ukuran/volume, warna), dan tempat pembelian/kemudahan mendapatkan berada dalam kuadran 3 (prioritas rendah) ; dan promosi berada dalam kuadran 4 (cenderung berlebihan). Kata kunci : Parfum, 4P, IPA, Kartesius