TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints73788 UR - http://digilib.unila.ac.id/73788/ A1 - Heni, Rohayati Y1 - 2023/06/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan aspek kognitif, psikomotorik dan afektif pembelajaran tari Sembah Batin pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMKN 1 Negeri Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penjabaran deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pelatih tari dan 5 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 1 Negeri Besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pelatih tidak hanya mengajarkan kemampuan aspek psikomotorik untuk menarikan tari Sembah Batin secara baik dan tepat, pelatih juga mengajarkan aspek kognitif dan aspek afektif. Penerapan aspek kognitif dilakukan sampai pada tahap memahami materi Tari Sembah Batin (C2). Penerapan aspek psikomotorik dilakukan sampai pada tahap gerakan kompleks (P4) yaitu merangkai ragam gerak tari sembah batin menjadi satu tarian yang utuh sesuai dengan pola lantai dan musik pengiringnya. Penerapan aspek afektif dilakukan sampai pada tahap menghargai (A3) yaitu siswa melakukan intruksi yang diberikan oleh pelatih untuk membawa perlengkapan menari dan menggunakannya sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. Kata Kunci : Kompetensi Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Tari Sembah Batin PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN ASPEK KOGNITIF, PSIKOMOTORIK DAN AFEKTIF PEMBELAJARAN TARI SEMBAH BATIN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMKN 1 NEGERI BESAR AV - restricted ER -