TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints738 UR - http://digilib.unila.ac.id/738/ A1 - , PURNOMO ADI WIBOWO Y1 - 2011/09/23/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD Negeri 3 Hargomulyo pada materi sistem pemerintahan pusat. dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini kuesioner dan lembar obervasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mengetahui kegiatan guru dan aktivitas belajar serta soal-soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar yang meningkat dari siklus 1 (55,26), siklus 2 (68,42), dan siklus 3 (83,15), Sedangkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I (64,19%), siklus II (73,79%), dan siklus III (82,37%). PB - Fakultas KIP TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS IV SD NEGERI 3 HARGOMULYO KECAMATAN SEKAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2009/2010 AV - restricted ER -