@mastersthesis{eprints73807, month = {Mei}, title = {PENGEMBANGAN e-LKPD PEMBELAJARAN IPA TIPE CONNECTED BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {KHOIRIYAH UMMU }, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/73807/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD Tipe Connected dengan model multi representasi yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi dan literasi sains peserta didik. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP Negeri 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus kelas VIII, kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC dengan 85 peserta didik. Desain uji coba yang peneliti gunakan yakni Non-equivalent Pre-Post Control Group Design. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa 1) e- LKPD dinyatakan sangat valid ditinjau dari aspek isi, konstruksi dan bahasa (91\%); 2) e-LKPD praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi dan literasi peserta didik ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran bahwa hampir seluruh aktivitas terlaksana (86\%), respon sebagian besar peserta didik (87\%) dan pendidik (89\%) menyatakan eLKPD sangat menarik; 3) e-LKPD efektif meningkatkan kemampuan representasi dan literasi sains peserta didik dengan kategori effect size besar (0,81). Kesimpulannya adalah telah dihasilkan e-LKPD berbasis Tipe Connected dengan model multi representasi materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia yang dapat meningkatkan kemampuan representasi dan literasi sains peserta didik. Kata kunci : e-LKPD, Tipe Connected, Kemampuan Representasi, Literasi Sains, Multi Representasi} }