%A WAHYUNISARI TRI %T PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR %X Rendahnya disposisi matematis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar pada mata pelajaran matematika dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk media komik yang tersinkronisasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang diharapkan mampu meningkatkan disposisi matematis peserta didik. Urgensinya disposisi matematis penting dimiliki peserta didik. Disposisi matematika merupakan kunci keberhasilan dalam pembelajaran khususnya matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta subjek peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Palapa sebagai pengguna produk. Hasil penelitian menghasilkan produk media komik berbasis kontekstual yang layak, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan disposisi matematis peserta didik. Produk yang dihasilkan dinilai layak untuk meningkatkan disposisi matematis berdasarkan ahli materi, ahli bahasa dan ahli media serta dinilai praktis berdasarkan ahli praktisi. Produk yang dihasilkan efektif digunakan untuk meningkatkan disposisi matematis peserta didik ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 46,46 meningkat pada posttest sebesar 86,46 dengan nilai gain skor 0,75. Kata Kunci: Komik, Kontekstual, Disposisi Matematis The low mathematical disposition of fourth grade students in elementary schools in mathematics subjects can be overcome one of them by using learning media. This study aims to form a synchronized comic media using a contextual approach that is expected to be able to improve the mathematical disposition of students. The urgency of mathematical disposition is important for students to have. Mathematical disposition is the key to success in learning, especially mathematics. This research is a development research with ADDIE development model. The subjects in this study were expert subjects, that is material experts, linguists, and media experts, as well as subjects of fourth grade students of SD Negeri 2 Palapa as product users. The results of the study produced contextualbased comic media products that were feasible, practical, and effective to use to improve mathematical disposition based on material experts, linguists, and media experts and were considered practical based on expert practitioners. The resulting product is effectively used to improve students' mathematical disposition as indicated by the average pretest score of 46.46, increased in the posttest of 86.46 with a gain score of 0.75. Kata Kunci: Comic, Contextual, Mathematical Disposition %D 2023 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints73829