%0 Generic %9 Other %A Yumna Cici Olyvia, 1115011113 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:7384 %I Fakultas Teknik %T ANALISIS KONSTRUKSI JEMBATAN BUSUR RANGKA BAJA TIPE A-HALF THROUGH ARCH %U http://digilib.unila.ac.id/7384/ %X ABSTRAK Indonesia merupakan daerah kepulauan dan jembatan memiliki peran penting penghubung antar pulau. Kebutuhan akan jembatan dengan bentang panjang dan bahan ringan serta mengandung nilai seni, maka jembatan busur rangka baja merupakan alternatif dari penyelesaian masalah tersebut. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada jembatan pelengkung dengan tipe a half through arc. Jembatan direncanakan dengan bentang 120 m dan tinggi total 12 m, dengan dimensi melintang lantai kendaraan lengkap dengan trotoar adalah 11 m untuk 2 jalur 2 arah dengan lebar trotoar 1 m. Perhitungan pembebanan yang digunakan pada perencanaan jembatan ini mengacu pada peraturan BMS 1992 dan RSNI T-02-2005 dan perhitungan kekuatan strukturnya mengacu pada RSNI T-03-2005 dan SNI 03-1729-2002. Hasil penelitian yaitu didapat Pelat lantai kendaraan komposit, dengan tebal pelat beton bertulang 250 mm. Gelagar melintang menggunakan iwf.900.300.16.28 dan gelagar memanjang iwf.400.200.8.13 dengan BJ 55. Sambungan antara gelagar memanjang dan melintang menggunakan baut dengan mutu A325 dengan diameter 25 mm dengan tebal pelat 10 mm BJ 34. Struktur utama busur berupa iwf.400.400.21.13. Sambungan strukturutama menggunakan baut dengan mutu A325 dengan diameter 30 mm dengan tebal pelat 25 mm BJ 50. Kata kunci : jembatan, A-Half Through Arch, baja ABSTRACT Indonesia is an archipelago country, thus bridge has an important role to bridge islands. It needs artistic long-extending with light materials bridges; therefore the arc steel truss bridge can be an alternative to solve the problem. This research, the writer focused on arch bridge type a half through arc. The bridge is design 120 m,span and 12 m,height with a transverse dimension of the vehicle floor complete with sidewalk is 11 m to 2 lanes 2 -way with pavement width of 1 m . Loading calculations used in the planning of the bridge is based on the regulation BMS 1992 and RSNI T - 02-2005 and calculation of the power structure refers to RSNI T - 03-2005 and SNI 03-1729-2002. The results of the study are obtained composite vehicle floor plates , with a reinforced concrete slab thickness of 250 mm . Transverse girder and longitudinal girder using iwf.900.300.28.16 iwf.400.200.8.13 with BJ 55. The connection between the ransverse girder and longitudinal girder using bolts with A325 quality with a diameter of 25 mm with 10 mm thick plate BJ 34. The main structure of the arc in the form iwf.400.400.13.21 . The main structure connection using bolts with A325 quality with a diameter of 30 mm with 25 mm thick plate BJ 50 . Keywords : bridge , A - Half Through Arch , steel