TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints73843 UR - http://digilib.unila.ac.id/73843/ A1 - Hamida , Syah Putri Y1 - 2023/07/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F dan kelas VIII-G yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian berupa skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh melalui tes berbentuk uraian dengan materi lingkaran. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U, diperoleh bahwa median peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe numbered head together sama dengan median peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together tidak berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Kata kunci: komunikasi matematis, numbered head together, pengaruh PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023) AV - restricted ER -