creators_name: RIKA , FITRIYANI creators_id: 1913022038 type: other datestamp: 2023-07-31 08:26:01 lastmod: 2023-07-31 08:26:01 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSTAD BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: 370 subjects: 373 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran INSTAD berbantuan LKPD terhadap kemampuan metakognitif peserta didik. Sampel pada penelitian ini yaitu, peserta didik kelas X IPA 5 dan X IPA 6 SMA Negeri 1 Way Jepara tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar tes soal uraian. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran INSTAD mampu meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,73 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan metakogitif kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Serta, didukung dari data hasil uji hipotesis Independent sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya bahwa model pembelajaran INSTAD berbantuan LKPD dapat meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik pada topik momentum dan impuls serta gerak harmonis sederhana. Kata kunci: INSTAD, LKPD, Kemampuan Metakognitif. date: 2023-07-17 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1913022038 citation: RIKA , FITRIYANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSTAD BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG . document_url: http://digilib.unila.ac.id/73852/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/73852/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/73852/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf