%A Firmansyah Ferdi %T Pengaruh model pembelajaran small sided game dan teams games tournaments terhadap ketepatan passing dalam permainan sepakbola di SMA negeri 1 Kibang %X Penelitian ini bertujian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran small sided games dan teams games tournaments terhadap ketepatan passing dalam permainan sepakbola di SMA N 1 Kibang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi berjumlah 224 siswa dan teknik sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 60 siswa putra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes dan pengukuran berdasarkan hasil tes ketepatan passing. Analisis data penelitian menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan dari model model pembelajaran small sided games terhadap ketepatan passing (t hitung = 15,303 > t tabel = 2,045). 2) Ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran team game tournament terhadap ketepatan passing (t hitung = 15,272 > t tabel = 2,045). 3) Tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran small sided games dan team game tournament terhadap ketepatan passing (t hitung 1,104 < t tabel 2,002). Dilihat dari rata-rata tes akhir ketepatan passing diperoleh rara-rata kelompok small sided games adalah 9,60 dan kelompok teams games tournaments adalah 8,93, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran small sided games lebih baik dalam meningkatkan ketepatan passing sepakbola di SMA N 1 Kibang dibanding model pembelajaran teams games tournaments. Kata Kunci:Passing, Sepakbola, Small Sided Games, Teams Games Tournaments %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1713051036 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints73861