@misc{eprints73862, month = {Juni}, title = {PERSEPSI GURU PAUD TENTANG PENILAIAN AUTENTIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI}, author = {RAFELDA RAFELDA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/73862/}, abstract = {Persepsi guru menjadi hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran sampai dengan penilaian yang akan dilaksanakan di Pendidikan anak usia dini. Penilaian yang dilakukan pada Pendidikan anak usia dini merujuk pada penilaian autentik, dimana guru menjadi salah satu kunci terlaksananya penilaian dengan baik dan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Mengingat bahwa penilaian autentik merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Untuk dapat melaksanakan pengertian, karakteristik, maupun prinsip-prinsip penilaian autentik guru wajib untuk memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang penilaian autentik di lembaga pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini yaitu 23 guru pendidikan anak usia dini di Kelurahan Korpri Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengahnya guru paham mengenai dimensi konsep penilaian autentik dengan persentase 47,82\%, hampir setengahnya guru sangat setuju dengan dimensi bentuk penilaian autentik dengan persentase 39,13\%, sedangkan hampir setengahnya guru setuju dengan dimensi proses penilaian autentik dengan persentase 47,82\%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah perspsi guru tentang penilaian autentik sudah sangat baik, atau bisa dikatakan guru sudah memahami dan menggunakan penilaian autentik dalam proses pembelajaran. Kata kunci: guru pendidikan anak usia dini, penilaian autentik} }