TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints73865 UR - http://digilib.unila.ac.id/73865/ A1 - TIARA, ANDINI Y1 - 2023/07/13/ N2 - Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan sosial peserta didik sekolah dasar di era digital khususnya pasca pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu 1) memberi informasi mengenai keterampilan sosial peserta didik di era digital pasca pandemi covid-19, 2) mengetahui faktor yang mempengaruhi keterampilan sosial peserta didik, 3) usaha pendidik mengembangkan keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik, pendidik dan orang tua peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, 1) keterampilan sosial yang dimiliki peserta didik meliputi aspek perilaku interpersonal yang cukup, perilaku yang berhubungan dengan diri-sendiri yang kurang baik, peer acepptance yang cukup, kesuksesan akademik yang baik , dan perilaku komunikasi yang cukup, 2) faktor yang mempengaruhi keterampilan sosial peserta didik meliputi faktor internal, yaitu faktor yang berasal dalam diri peserta didik dan faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari lingkungan sekitar peserta didik, 3) usaha pendidik dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik meliputi mencontohkan sikap yang baik kepada peserta didik, memotivasi peserta didik, membimbing peserta didik, memberikan arahan kepada peserta didik, mengetahui dan menguasai kondisi peserta didik saat di dalam kelas, mengajak dan mengayomi peserta didik, bekerja sama dengan orang tua untuk mengedukasi dan mengawasi perilaku peserta didik. Kata kunci: covid-19, era digital, keterampilan sosial PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI ERA DIGITAL PASCA PANDEMI COVID-19 SD NEGERI 11 METRO PUSAT AV - restricted ER -