TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints73868 UR - http://digilib.unila.ac.id/73868/ A1 - Endang , Aferiyanti Y1 - 2023/06/20/ N2 - Kehidupan masyarakat saat ini berbeda dengan kehidupan mereka di masa lalu, teknologi berkembang begitu pesat. Salah satunya adalah peralatan elektronik untuk mencuci dan pengering pakaian yang lebih praktis dan efektif hal ini memudahkan kita untuk mencuci dan mengeringkan pakaian karena tidak perlu dijemur di bawah sinar matahari. Namun tidak semua orang memiliki mesin cuci di rumah, karena situasi inilah, banyak perusahaan bermunculan untuk menyediakan produk atau Pelayanan jasa Laundry untuk umum. Terkait dengan kondisi tersebut penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Kia Laundry Kampung Baru,. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan populasi sampel pelanggan 125 orang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel bukti fisik, empati, dan jaminan memiliki pengaruh positif dan singnifikan, dan pada variabel daya tanggap dan keandalan tidak berpengaruh positif dan signifikan. Nilai koefisien determinasi Adjust R Square (R2) pada besarnya variabel kualitas Pelayanan dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan sebesar 35,6%, sedangkan sisanya 64,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Kedepannya kekurangan dalam hal daya tanggap dan keandalan dapat diperbaiki dengan menambah pengetahuan karyawan, menambah kapasitas keterampilan karyawan dalam bekerja dengan mengadakan training-training terkait pekerjaan agar karyawan mampu memberikan Pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan : Bukti Fisik, Empati, Daya Tanggap, Keandalan, Jaminan, Kepuasan Pelanggan PB - FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TI - PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN STUDI PADA KIA LAUNDRY DI KAMPUNG BARU, BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -