@mastersthesis{eprints73883, month = {Juli}, title = {KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI }, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {2123012019 Neneng Indah}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/73883/}, abstract = {ABSTRAK KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan manajerial di SMP Negeri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat fenomenologis, yaitu menyelidiki suatu fenomena sosial atau masalah manusia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (a). Keterampilan Manajerial dilakukan pada awal tahun ajaran baru yang diawali dengan sosialisasi kepada guru-guru pada saat rapat (b) Keterampilan Manusiawi diawali dengan pengecekan kelengkapan perangkat administrasi yang dibuat oleh guru seperti prota, prosem, silabus dan RPP secara visual. Kemudian kepala sekolah dan wakilnya akan melaksanakan kunjungan kelas sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Kegiatan dalam kunjungan kelas adalah mengamati kegiatan pembelajaran secara keseluruhan mulai dari pendahuluan seperti salam, mengabsen siswa, penyampaian materi hingga penutup. (c) Keterampilan Teknis menerima hasil evaluasi dengan terbuka, serta menerima saran dan arahan dari kepala sekolah untuk perbaikan. tindak lanjut yang dilakukan adalah apabila pada saat pelaksanaan supervisi setelah diberi masukan tetapi masalah masih belum dapat diselesaikan, maka guru yang bersangkutan akan diikutsertakan dalam kegiatan ilmiah, seperti MGMP, workshop, diklat, seminar dan lain-lain. kata kunci: Kepala sekolah, kepemimpinan, keterampilan manajerial. ABSTRACT PRINCIPLE MANAGERIAL SKILLS IN SMP NEGERI The purpose of this study was to analyze and describe managerial skills at SMP Negeri. This research method uses a descriptive qualitative approach that is phenomenological in nature, namely investigating a social phenomenon or human problem. Data collection methods in this study are interviews, observation, and document study. The research results obtained are (a). Conceptual skills is carried out at the beginning of the new school year which begins with outreach to teachers at meetings (b) Human skills begins with checking the completeness of administrative tools made by teachers such as prota, prosem, syllabus and lesson plans visually. Then the principal and deputy will carry out class visits according to the schedule that has been made. The activity in the class visit was observing the overall learning activities starting from the introduction such as greetings, taking student attendance, delivering material to closing. (c) Technical skills accepts evaluation results openly, and receives suggestions and directions from the school principal for improvement. follow-up that is carried out is if during the implementation of supervision after being given input but the problem still cannot be resolved, the teacher concerned will be included in scientific activities, such as MGMP, workshops, training, seminars and others. Keyword: principal, leadership, managerial skills. } }