%A Wulandari Eka %T PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD ISLAM TERPADU AL MUHSIN METRO %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar tematik muatan IPA peserta didik kelas V SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro yang berjumlah 94 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas V Khawla binti Azwar sebanyak 22 peserta didik dan kelas V Abu Dzar Al Ghifari sebanyak 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model quantum teaching terhadap hasil belajar tematik muatan IPA peserta didik kelas V SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro. Kata kunci: hasil belajar, IPA, quantum teaching %D 2023 %C Universitas Lampung %R 1913053006 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints73898