%A Agestia Putri Raras %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SUKOHARJO PADA MATA PELAJARAN PPKn %X Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik di Smp Negeri 3 Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen research atau eskperimen semu. Sampel dalam penelitian berjumlah 52 responden yang terdiri dari 26 responden kelas eksperimen dan 26 responden kelas kontrol.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan test dan selanjutnya dianalisis dengan Uji Paired Sample T Test Dan Uji Independent T Test Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh adanya penerapan model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik di SMP Negeri 3 Sukoharjo yang berdasarkan Uji N-Gain Score mempunyai efektivitas sebesar 64% yang dapat dikategorikan cukup efektif . Kemudian terdapat perbedaan selisih nilai rata-rata hasil posttest kelas ekperimen dan kelas kontrol yang signifikan berarti menunjukan kemampuan mengemukakan pendapat anatara kelas eksperimen yang memiliki pemberlakuan khusus menggunakan model pembelajaran SQ3R yang terdiri dari lima langkah yaitu Survey, Question, Read, Recite And Review sementara kelas kontrol hanya menggunakan metode ceramah dan tidak diberikan perlakuan khusus. Kata kunci: Model Pembelajaran, SQ3R, Mengemukakan Pendapat, Peserta Didik, PPKn %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints73924