TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints73932 UR - http://digilib.unila.ac.id/73932/ A1 - ROBETH TEGAR , FRANSENO Y1 - 2023/05/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar di SMP Utama Wacana 8, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain yang digunakan dalam pre-experimental design adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Utama Wacana 8 dengan sampel kelas VIII A berdasarkan purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, dan dokumentasi. Uji coba persyaratan instrumen dengan uji validitas, uji reliabilitas instrumen tes, taraf kesukaran, dan uji daya pembeda soal. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas data dan uji lineritas. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t-test dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelumnya nilai rata-rata 42,59 dan sesudahnya nilai rata-rata 58,96. (2) uji t yaitu ketentuan sig (2-tailed) Thitung > Ttabel (0,05) yang menunjukan terdapat pengaruh. (3) uji regresi sederhana (R Square) sebesar 0,366 yang memiliki pengertian bahwa besaran pengaruh adalah sebesar 36,6% dan lainnya sebesar 63,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : model pembelajaran, project based learning, hasil belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMP UTAMA WACANA 8 KECAMATAN MESUJI TIMUR KABUPATEN MESUJI AV - restricted ER -