%0 Thesis %9 Masters %A Nanda, Denny DPJ %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:73936 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 2123025013 %T PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI STEM BERBANTUAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK %U http://digilib.unila.ac.id/73936/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan blog pembelajaran perubahan iklim berorientasi STEM yang efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi dan argumentasi peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model Research and Development 4D (Four-D Models). Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas VII A dan VII B yang terbagi menjadi kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan angket. Analisis data berdasarkan data n-gain, effect size dan persentase deskriptif tanggapan pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blog pembelajaran berorientasi STEM hasil pengembangan dinyatakan: (1) dapat meningkatkan kemampuan representasi dan argumentasi peserta didik dengan kriteria sedang (0,4) dan memberikan pengaruh besar (0,8).; (2) blog pembelajaran berorientasi STEM menarik (93,2%), bermanfaat (94,4%), dan mudah dipahami dari segi bahasa (93,7%) berdasarkan hasil tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan blog pembelajaran perubahan iklim berorientasi STEM. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, dapat dinyatakan bahwa blog pembelajaran perubahan iklim berorientasi STEM efektif digunakan menjadi media pembelajaran dalam mempelajari materi perubahan iklim.