creators_name: Dinda Aphrodita, 1913053124 creators_id: dindaaphrodita@gmail.com type: other datestamp: 2023-08-01 03:38:03 lastmod: 2023-08-01 03:38:03 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 METRO PUSAT ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eskperimen desain penelitian yaitu non-equivalen control grup design. Populasi penelitian berjumlah 36 orang peserta didik. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling atau sampling jenuh di mana kaseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian yaitu 36 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data lain berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana yang menunjukan Fhitung = 22,64 ≥ Ftabel = 4,45 45 dengan persentase ketuntasan kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yaitu 84% > 59%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran manipulatif berupa peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada kelas IV SD Negeri 3 Metro Pusat. Kata kunci: hasil belajar, media manipulatif, matematika, peserta didik The research problem is the low of mathematics learning outcomes of fourth graders students at SD Negeri 3 Metro Pusat. This research aims to describe and analyze the significant influence of using manipulative learning media on student mathematics learning outcomes. The type of research is quantitative research with an experimental approach. This research used quasi-experiment research design method, which is non-equivalent control group design. The research population amounted to 36 students. Collecting research sampling used nonprobability sampling technique or saturated sampling, where the entire population was used as a research sample, those are 36 students. The other collecting data techniques are observation, interviews and documentation. Data analysis techniques using simple regression tests which showed Fhitung= 22.64 ≥ Ftabel = 4.45 with the percentage of completeness of the experimental class higher than the control class, namely 84%> 59%. The research results showed that there was significant influence of using manipulative learning media on mathematics learning outcomes of fourth graders students at SD Negeri 3 Metro Pusat. Keywords: learning outcomes, manipulative media, mathematics, students date: 2023-06-20 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1913053124 citation: Dinda Aphrodita, 1913053124 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/73954/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/73954/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/73954/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf