TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints73962 UR - http://digilib.unila.ac.id/73962/ A1 - LIXA MITRA , HARTI Y1 - 2023/06/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran materi pemetaan, penginderaan jauh, dan sistem informasi geografi terhadap kemampuan berpikir spasial (spatial thinking) pada siswa di SMA Negeri 1 Pagelaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pagelaran dengan sampel penelitian yaitu kelas X IPS 2 yang ditentukan melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh pembelajaran materi pemetaan, penginderaan jauh, dan sistem informasi geografi terhadap kemampuan berpikir spasial (spatial thinking) siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran materi pemetaan, penginderaan jauh, dan sistem informasi geografi terhadap kemampuan berpikir spasial (spatial thinking) siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pagelaran dengan nilai signifikasi sebesar 0,000<0,05. Kata Kunci: Pembelajaran, Berpikir Spasial, Geografi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI PEMETAAN, PENGINDERAAN JAUH, DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SISWA DI SMA NEGERI 1 PAGELARAN AV - restricted ER -