TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints7397 UR - http://digilib.unila.ac.id/7397/ A1 - Bella Mardika, 1313093008 Y1 - 2015/01/14/ N2 - Penelitian tindakan kelas ini bertujuan ingin mengetahui hasil belajar siswa pada ulangan tema Bermain di Lingkunganku masih sangat rendah, sebanyak 4 siswa (27,8%) siswa tuntas. Hal ini dapat dilihat sebanyak 14 siswa (72,2%) siswa belum tuntas. Berdasarkan kenyataan di atas guru penggunaan model pembelajaran Discovery Learning yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik terpadu. Penelitian ini melibatkan 18 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan, kelas II di SD Negeri 1 Kota Baru pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan tiga siklus, yang setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan metode presentil. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik terpadu pada siswa kelas II baik pada siklus I, siklus II, serta siklus III. Kata kunci: Model Discovery Learning, aktivitas dan hasil belajar. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 KOTA BARU BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -