@misc{eprints7403, month = {Pebruari}, title = {Citra Calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi dengan Jusuf Kalla Dalam Pemberitaan di Media Online (Analisis Framing Pada Website Berita Online viva.co.id dan metrotvnews.com Tanggal 29 Juni ? 5 Juli 2014) }, author = {1116031106 Sigit Rahmawan }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/7403/}, abstract = {Abstrak Media online memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan berita kepada khalayak, salah satunya adalah kecepatan berita yang jauh melampaui media konvensional seperti surat kabar. Pemberitaan di media online dipengaruhi oleh aktor kepemilikan media, tak terkecuali dalam pemilihan presiden tahun 2014 yang terlihat dari framing berita yang dilakukan oleh media online viva.co.id dan metrotvnews.com.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana framing yang dilakukan portal media online viva.co.id dan metrotvnews.com dalam memberitakan pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla pada pemilihan presiden tahun 2014 periode 29 Juni ? 5 Juli 2014. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruksionis dengan pendekatan kualitatif melalui metode analisis framing model Gamson dan Modigliani. Hasil penelitian ini menunjukkan media online viva.co.id menampilkan pemberitaan Jokowi-JK cenderung lebih netral, sedangkan metrotvnews.com selalu memberikan pemberitaan Jokowi-JK cenderung lebih positif. Kedua media online ini sama-sama membentuk citra kepemimpinan sipil Jokowi dan Jusuf Kalla sebagai sosok yang dekat dengan rakyat kecil terbukti dengan adanya tema-tema berita yang diangkat oleh kedua media online tersebut Kata Kunci: Analisis Framing, Media Online, Jokowi ? JK, Politik Media Abstract Online media have more advantages in conveying the news to the audience , one of them is the speed of the news beyond conventional media like newspapers. The news in online media influenced by actors media ownership, no exception for the presidential election year 2014 seen from framing news conducted by online media viva.co.id and metrotvnews.com. An objective in this study is to find and explains how framing conducted online media portal viva.co.id and metrotvnews.com in preaching Jokowi and Jusuf Kalla on the presidential election year 2014 the period June 29 - 5 July 2014. This study using constructionist paradigm with a qualitative approach through the method of analysis model Gamson framing and Modigliani. The results of this research shows that online media news viva.co.id Jokowi-JK displays tend to be neutral, while always give metrotvnews.com Jokowi-JK news tends to be positive. Both online media is equally form an image and civilian leadership Jokowi And Jusuf Kalla as the figure close to the small proven with the themes raised by news of the second online media. Keywords : Framing Analysis , Online Media , Jokowi - JK , Politics Media } }