@misc{eprints74039, month = {Juli}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEAM BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN}, author = {Pramita Anisa}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/74039/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM berbantuan e-LKPD terhadap keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi energi terbarukan, serta hubungan antara keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 dengan sampel kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Designs dengan jenis Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu lembar angket yang berjumlah 12 pernyataan, observasi yang berjumlah 6 task kinerja, dan soal tes yang berjumlah 10 butir soal. Uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sample T-Test dan Uji Korelasi Bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih besar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM berbantuan e-LKPD dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM berbantuan LKPD terhadap keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik. Adapun hasil nilai signifikansi yang didapatkan 0,000 {$\leq$} 0,05 dan 0,017 {$\leq$} 0,05. Hubungan antara keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 {$\leq$} 0,05 dengan pearson correlation 0,592, terdapat hubungan yang positif antara keterampilan kolaborasi dengan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Project-based Learning; STEAM; Kolaborasi; Berpikir Kritis} }