@misc{eprints7404, month = {Januari}, title = {MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SISWA KELAS VI SDN 2 BRANTI RAYA KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TP. 2014/2015}, author = {1313093067 Marfuatun}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/7404/}, abstract = {Rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 2 Branti Raya yang diperoleh melalui pengamatan awal mendorong peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan model cooperative learning teknik numbered head together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SDN 2 Branti Raya Kecamatan Natar Lampung Selatan tahun ajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penggunaan model cooperative learning teknik numbered head together (NHT). Metode penelitian yang digunakan model penelitian tindakan kelas. Prosedur berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari menyusun rancangan tindakan (planning), melaksanakan rencana tindakan persiklus (acting),pengamatan dan pencatatan (observing), dan terakhir refleksi atau evaluasi tindakan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas dan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SDN 2 Branti Raya dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran cooperative learning teknik numbered head together. Guru diharapkan meningkatkan kompetensi-kompetensi yang dimilikinya dalam pencapaian aktivitas dan prestasi belajar siswa secara maksimal. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar dan Model cooperative Learning Teknik Numbered Head Together (NHT) } }