%A ARWA DEWANTI HAFIZHA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Islam Darul Muttaqin Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan strategi flipped classroom terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Darul Muttaqin Metro tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam empat kelas. Melalui teknik purposive sampling terpilih kelas VIII A dan VIII B yang masing-masing terdiri dari 20 dan 21 siswa sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Data penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui tes berbentuk uraian pada materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa rata-rata gain skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TSTS dengan strategi flipped classroom lebih tinggi daripada rata-rata gain skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan strategi flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci : kemampuan komunikasi matematis, flipped classroom, pengaruh, two stay two stray. %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1913021054 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints74051