TY - GEN ID - eprints74056 UR - http://digilib.unila.ac.id/74056/ A1 - RIDWAN, Y1 - 2023/07/28/ N2 - Komitmen kepala sekolah penting sebagai pengatur pencapaian pendidikan tetapi terhambat ketika mengalami kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan cara mengelola kepala sekolah yang bebas kecemasan, membangun efikasi diri, dan menghasilkan kepala sekolah yang berkomitmen. Metode yang digunakan adalah survei dengan unit analisisnya adalah kepala sekolah SMP Negeri dan guru sebagai responden dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Instrumen dikirimkan melalui Google Forms. Responden guru sebanyak 393 dan data dianalisis dengan konsep Structural Equation Modelling Amos Versi 22. Hasil utama penelitian menunjukkan bahwa: pertama, politik lokal berpengaruh negatif terhadap semua variabel yang diteliti; kedua, kepemimpinan multifaktor berpengaruh positif terhadap efikasi dan komitmen organsasi; ketiga, efikasi diri berpengaruh positf terhadap komitmen organisasi; keempat, kepemimpinan multifaktor tidak memediasi politik lokal terhadap efikasi dan kepemimpinan multifaktor memediasi komitmen organisasi terhadap politik lokal; kelima, efikasi diri tidak memediasi politik lokal terhadap komitmen organisasi. Kesimpulannya adalah (1) Politik lokal menjadi prediktor utama untuk penguatan implementasi kepemimpinan multifaktor, efikasi diri, dan komitmen organisasi kepala sekolah; (2) Kepemimpinan multifaktor efektif untuk optimalisasi fungsi sumberdaya pendidikan melalui dukungan politik lokal; (3) Efikasi diri merupakan prediktor yang baik bagi komitmen organisasi kepala sekolah; (4) Implementasi kepemimpinan multifaktor memerlukan mediasi politik lokal untuk menjaga dan menguatkan efikasi diri dan komitmen organisasi kepala sekolah; (5) Efikasi diri membutuhkan dukungan politik lokal yang berpihak pada dampak penguatan komitmen organisasional kepala sekolah; dan (6) Dekonstruksi yang diusulkan dari penelitian ini ditemukan sesuai untuk menentukan bagaimana mengelola kepala sekolah bebas kecemasan dengan data yang dikumpulkan. Analisis tersebut telah mengklarifikasi bahwa ada penggabungan yang kuat dari tiga bidang yang berbeda: kepemimpinan multifaktor, self-efficacy, dan komitmen organisasi sampai dengan politik lokal berperan menjamin optimalisasi sumberdaya pendidikan dan memperkuat komitmen organisasi kepala sekolah. Kata kunci: efikasi diri, kepala sekolah, kepemimpinan multifaktor, komitmen organisasi kepala sekolah, pengaruh, politik lokal PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH POLITIK LOKAL TERHADAP KEPEMIMPINAN MULTIFAKTOR, EFIKASI DIRI, DAN DAMPAK SELANJUTNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KEPALA SEKOLAH AV - restricted ER -