title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI PADA ISU SDGs creator: Anisa, Hikmawati subject: 370 Pendidikan subject: 570 Biologi description: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan berorientasi pada isu SDGs. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 18 Bandarlampung tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling atau pengambilan sampel dengan tujuan tertentu seperti perbedaan kemampuan akademik dan jumlah siswa antar dua kelas, sehingga diperoleh kelas VII B sebanyak 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,58 kriteria “sedang” dan diperoleh hasil uji normalitas N-gain pada kelas eksperimen sebesar Sig 0,48 > 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar Sig 0,20 > 0,05. Uji homogenitas N-gain sebesar Sig 0,12> 0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, serta hasil uji effect size sebesar 1,77 dengan kriteria “besar”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL berorientasi pada isu SDGs terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok pencemaran lingkungan. Kata kunci: problem based learning, SDGs, berpikir kritis, pencemaran lingkungan publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-07-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74094/1/File%20Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74094/2/File%20Full.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74094/3/File%20Full%20tanpa%20pembahasan.pdf identifier: Anisa, Hikmawati (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI PADA ISU SDGs. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/74094/