TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints741 UR - http://digilib.unila.ac.id/741/ A1 - Erom Djuhendar,, MZ. Jalaludian Abdurrahman Y1 - 2013/03/15/ N2 - Relationship marketing menjadi topik yang penting dalam kegiatan bisnis. Manusia berpikir kemudian menyadari, hubungan yang hangat bisa mencairkan kebekuan. Hubungan itu harus didasarkan oleh prinsip-prinsip ketulusan dan saling mendukung, bukan sekedar hubungan transaksional yang semu dan semata-mata karena perintah kerja atau hitung-hitungan cost benefit. Persaingan memperebutkan nasabah di Indonesia sangat ketat. Banyaknya jumlah bank menjadikan masyarakat semakin leluasa didalam memilih bank yang terbaik untuk memenuhi kepuasannya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah relationship marketing mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri KCU Teluk Betung Bandar Lampung. Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian yang bersifat descriptive research. Pengambilan sampel dalam hal ini menggunakan teknik accidental sampling yang mengambil sampel setiap nasabah yang sesuai kriteria dan ditemui saat peneliti melakukan penelitian di Bank Mandiri KCU Teluk Betung Bandar Lampung. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan kuesioner, maka sumber datanya adalah para nasabah Bank Mandiri. Dari hasil pengujian secara simultan diketahui bahwa hipotesa pertama yang diajukan benar yaitu variabel-variabel relationship marketing yang terdiri dari financial benefit, social benefits, dan structural ties secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap peningkatan loyalitas nasabah di Mandiri KCU Teluk Betung Bandar Lampung. Dari hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel financial benefits menunjukkan berpengaruh paling dominan secara parsial dibandingkan variabel social benefit dan structural ties. Sebaiknya, Bank Mandiri KCU Teluk Betung Bandar Lampung dapat mempertahankan bahkan meningkatkan financial benefits dengan pemberian bagi hasil yang lebih menguntungkan, hadiah, fasilitas bebas biaya, serta lebih sering mengadakan undian berhadiah bagi nasabah. Kata kunci: Relationship Marketing, Loyalitas PB - Fakultas Ekonomi TI - PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MANDIRI KCU TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -