%0 Generic %A Nabilah , Dwi Anjani %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:74100 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2021) %U http://digilib.unila.ac.id/74100/ %X Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan didefinisikan sebagai suatu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial dan lingkungan yang berperan untuk meningkatkan kualitas kehidupan serta lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja lingkungan, profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan tahunan yang dipublikasikan melalui BEI dan website resmi masing-masing perusahaan energi. Pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling didapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 108 yang terdiri dari 18 perusahaan dari Perusahaan Energi yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2021. Penelitian ini menggunakan analisis data analisis regresi data panel dengan cara menganalisis melalui aplikasi E-views 12. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kinerja lingkungan, profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Pengujian secara parsial menunjukkan hasil bahwa kinerja lingkungan, profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan tidak ada yang berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Kata kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kinerja Lingkungan, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaaniv