TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints74104 UR - http://digilib.unila.ac.id/74104/ A1 - Arisma , Whardani Y1 - 2023/// N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar dan perbedaan gaya belajar siswa, serta kurangnya penerapan model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk meneliti ada/tidak perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajaranya menggunakan Problem Based Learning dan Student Teams Achievement Divisions, ada/tidak perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial, ada/tidak pengaruh antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar ekonomi, dan efektifitas antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan Student Teams Achievement Divisions pada siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan gaya belajar visual. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen pendekatan komparatif dengan desain faktorial 2x2, teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajaranya menggunakan Problem Based Learning dibandingkan pembelajaran menggunakan Student Teams Achievement Divisions, tidak terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial, ada interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa, rata-rata hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan Student Teams Achievement Divisions pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, rata-rata hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions lebih rendah dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan tipe Problem Based Learning pada siswa yang memiliki gaya belajar auditorial. Kata Kunci: Gaya Belajar Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, Problem Based Learning (PBL), Student Teams Achiviement Divions (STAD). PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA AV - restricted ER -