%0 Generic %A AYU, FARISDA FAIZ %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:74144 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME PENDIDIK DI SDIT AL-MUHSIN METRO SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/74144/ %X Masalah penelitian ini mencakup tantangan yang mungkin dihadapi dalam implementasi kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme pendidik, seperti keterbatasan waktu, kurangnya pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan, kekhawatiran tentang otoritas, perbedaan tujuan dan kepentingan, komunikasi yang tidak efektif, dan budaya sekolah yang tidak mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua yayasan, pendidik,peserta didik dan orang tua. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan penting tentang kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme pendidik. Pertama, kemampuan mengambil keputusan melalui kerjasama yang erat, pendidik dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik, yang secara keseluruhan meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di sekolah. Kedua, kemampuan motivasi kepala sekolah yang memberikan kesempatan kepada pendidik untuk mengikuti pelatihan, workshop, dan kegiatan pengembangan profesional lainnya, serta memberikan umpan balik yang konstruktif, membantu pendidik mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dengan lebih baik. Ketiga, kemampuan komunikasi yang terbuka, jelas, dan efektif antara kepala sekolah dan pendidik yang menyampaikan tujuan, harapan, dan informasi dengan baik kepada pendidik, serta memfasilitasi saluran komunikasi dua arah, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan profesional pendidik. Kata Kunci: Kepemimpinan kepalal sekolah, Demokratis, Profesionlaisme Guru. The problems of this research include challenges that may be faced in implementing the democratic leadership of school principals in the development of educator professionalism, such as time constraints, lack of knowledge and leadership skills, concerns about authority, differences in goals and interests, ineffective communication, and an unsupportive school culture. This study aims to understand and analyze the principal's leadership in the development of educator professionalism. This study uses a qualitative approach by collecting data through in-depth interviews, observation, and analysis of related documents. The informants of this research are school principals, foundation heads, educators, students and parents. The results of this study reveal several important findings about the democratic leadership of school principals in the development of educator professionalism. First, the ability to make decisions through close collaboration, educators can share knowledge, experience and best practices, which as a whole improves the quality of teaching and learning in schools. Second, the motivational abilities of school principals which provide opportunities for educators to attend training, workshops and other professional development activities, as well as provide constructive feedback, help educators develop their skills and knowledge better. Third, open, clear, and effective communication skills between principals and educators that convey goals, expectations, and information well to educators, as well as facilitate two-way communication channels, creating an environment that supports the professional growth of educators. Keywords: Leadership of school principals, Democratic, Teacher Professionalism.