<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA"^^ . "\r\nPengambilan data praktikum masih dilakukan secara manual di sekolah. perlunya\r\nmedia pembelajaran alternatif yang tepat sebagai alat bantu dalam praktikum\r\nfisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar\r\nkognitif dan keterampilan proses sains pada pembelajaran dengan praktikum real\r\nlab dan virtual lab PhET Simulations dengan meninjau gaya belajar siswa pada\r\nmateri gerak harmonik sederhana. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1\r\nMenggala, dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA, dan sampel kelas X\r\nMIPA 6 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 1 (real lab) dan X\r\nMIPA 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 2 (virtual lab). Desain\r\npenelitian yang digunakan yaitu Faktorial 2x3. Analisis data diuji dengan\r\nmenggunakan analisis N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji anova\r\nduajalur. Rata-rata N-Gain hasil belajar kognitif pada kelas real lab mengalami\r\nkenaikan yaitu 24% dan rata-rata N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang,\r\nselanjutnya rata-rata N-Gain hasil belajar kognitif pada kelas virtual lab\r\nmengalami kenaikan yaitu 22% rata-rata N-Gain sebesar 0,42 dengan kategori\r\nsedang. Sedangkan, rata-rata N-Gain keterampilan proses sains pada kelas real\r\nlab mengalami kenaikan yaitu 26% dan rata-rata N-Gain sebesar 0,44 dengan\r\nkategori sedang, selanjutnya rata-rata N-Gain keterampilan proses sains pada\r\nkelas virtual lab mengalami kenaikan yaitu 25% rata-rata N-Gain sebesar 0,43\r\ndengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan\r\nmenggunakan uji anova dau jalur diperoleh bahwa nilai Sig.(2-Tailed) > 0,05,\r\nmaka dapat dinyatakan bahwa H\r\n0\r\n diterima dan H\r\n1\r\n ditolak. Hal ini menunjukkan\r\nbahwa praktikum menggunakan real lab dan virtual lab dapat meningkatkan hasil\r\nbelajar kognitif dan keterampilan proses sains\r\n \r\nKata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Proses Sains, Real Lab, Virtul\r\nLab,Gaya Belajar, Inquiry Based Learning"^^ . "2023-07-17" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "FERTINA"^^ . "FERTINA"^^ . "FERTINA FERTINA"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (File PDF)"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN\r\nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \r\nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN\r\nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \r\nGERAK HARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #74151 \n\nPERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN \nPROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM \nREAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN \nMENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI \nGERAK HARMONIK SEDERHANA\n\n" . "text/html" . . . "300 Ilmu sosial" . . . "370 Pendidikan" . . . "373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan" . .