TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints74151 UR - http://digilib.unila.ac.id/74151/ A1 - FERTINA, FERTINA Y1 - 2023/07/17/ N2 - Pengambilan data praktikum masih dilakukan secara manual di sekolah. perlunya media pembelajaran alternatif yang tepat sebagai alat bantu dalam praktikum fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains pada pembelajaran dengan praktikum real lab dan virtual lab PhET Simulations dengan meninjau gaya belajar siswa pada materi gerak harmonik sederhana. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Menggala, dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA, dan sampel kelas X MIPA 6 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 1 (real lab) dan X MIPA 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 2 (virtual lab). Desain penelitian yang digunakan yaitu Faktorial 2x3. Analisis data diuji dengan menggunakan analisis N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji anova duajalur. Rata-rata N-Gain hasil belajar kognitif pada kelas real lab mengalami kenaikan yaitu 24% dan rata-rata N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang, selanjutnya rata-rata N-Gain hasil belajar kognitif pada kelas virtual lab mengalami kenaikan yaitu 22% rata-rata N-Gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang. Sedangkan, rata-rata N-Gain keterampilan proses sains pada kelas real lab mengalami kenaikan yaitu 26% dan rata-rata N-Gain sebesar 0,44 dengan kategori sedang, selanjutnya rata-rata N-Gain keterampilan proses sains pada kelas virtual lab mengalami kenaikan yaitu 25% rata-rata N-Gain sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menggunakan uji anova dau jalur diperoleh bahwa nilai Sig.(2-Tailed) > 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H 0 diterima dan H 1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa praktikum menggunakan real lab dan virtual lab dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Proses Sains, Real Lab, Virtul Lab,Gaya Belajar, Inquiry Based Learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM REAL LAB DAN VIRTUAL LAB PHET SIMULATIONS DENGAN MENINJAU GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA AV - restricted ER -