title: STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PERILAKU PEMBELIAN KERIPIK PISANG DI KOTA METRO creator: Ine Indriastuti, 1224021009 subject: Budidaya tanaman description: Abstrak Keripik pisang telah dikenal luas sebagai oleh-oleh khas Lampung. Kota Metro memiliki potensi pengembangan industri pengolahan keripik pisang. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari faktor perilaku konsumen dan bauran pemasaran dalam keputusan pembelian keripik pisang di Kota Metro, menganalisis faktor-faktor dominan dari perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, serta merumuskan strategi pemasaran berdasarkan perilaku pembelian keripik pisang. Penelitian dilakukan menggunakan metode survey dengan melibatkan 100 orang responden yang diambil dari populasi melalui convenience sampling. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Agustus 2014. Untuk mengetahui faktor dominan pengambilan keputusan pembelian keripik pisang di Kota Metro digunakan analisis faktor PCA (Principal Component Analysis), sedangkan untuk mengetahui strategi pemasaran digunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor dalam keputusan pembelian keripik pisang terdiri dari faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Faktor dominan dalam keputusan pembelian keripik pisang adalah gaya hidup, harga terjangkau, bentuk dan variasi rasa. Strategi pemasaran keripik pisang yaitu memanfaatkan harga produk yang terjangkau untuk menciptakan citra produk yang baik di mata konsumen, meningkatkan skill dan penguasaan teknologi untuk meningkatkan citra produk serta memperluas wilayah pemasaran produk ke wilayah potensial yang belum pernah dijangkau oleh pesaing. Selain itu perlu memanfaatkan produk sebagai makanan khas daerah untuk mendapatkan peluang pasar yang besar dan meningkatkan daya dukung dana yang rendah dengan memanfaatkan daya dukung dari pemerintah Kata kunci: keripik pisang, keputusan pembelian, perilaku konsumen, faktor analisis Abstract Banana chips have been widely recognized as an typical icon souvenirs of Lampung. The development of small businesses processing banana chips also occurs at the level of the city, one of them in Metro City. Metro City has the potential development of banana chips processing industry. The purpose of this study are to learn the factors of consumer behavior and marketing mix in buying decision of banana chips, analyze the dominant factors in the customer buying decision of banana chips, and formulate marketing strategies based on consumer buying. This study conducted by survey method and involving 100 respondents that were chosen by convenience sampling. The data was collected in May and to August 2014, and analysed by PCA (Principal Component Analysis). To determine the marketing strategy, researcher used analysis by SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). The results showed that factors in buying decisions consist of cultural factors, social factors, personal factors and psychology factors. The dominant factor in the buying decision was lifestyle, reasonably price, shape and flavor variations of banana chips. The marketing strategies of banana chips must be utilization of the product prices to improve the image of the product for consumers, improving skills and technology, expand the marketing of products to potential region that have never been reached by competitors, utilization of local specialty food products as to obtain a large market opportunity, in addition to increase the carrying capacity of low funds by utilizing the carrying capacity of the goverment. Key words: banana chips, buying decision, consumer behavior, factor analysis date: 2015-01-24 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/2/ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/3/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/4/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/5/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/7/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/20/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/19/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/11/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/9/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/10/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/92/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/12/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/14/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/13/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/16/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/15/BAB%20VI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7417/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Ine Indriastuti, 1224021009 (2015) STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PERILAKU PEMBELIAN KERIPIK PISANG DI KOTA METRO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/7417/