<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa melalui program pembelajaran berbasis proyek (PjBL) pemanfaatan limbah tanaman pisang agar siswa memiliki pengetahuan yang luas, peka terhadap lingkungan serta tercapainya mutu lulusan yang unggul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan desain embedded experimental model menurut Cresswell. Sumber data dalam penelitian berasal dari studi pendahuluan dan uji coba terbatas. Pada tahap studi pendahuluan, yang menjadi sumber data adalah guru IPA di 5 SMP Swasta, 5 SMP Negeri di Kota Metro, dan 32 siswa dari 5 SMP Negeri dan 5 SMP Swasta di Kota Metro. Sumber data pada tahap uji coba terbatas ini terdiri dari guru mata pelajaran IPA dan 29 siswa kelas IX A SMP IT Bina Insani Metro. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif meliputi tahapan uji validitas, reliabilitas dan uji hipotesis dilanjutkan dengan teknik analisis data kualitatif untuk memberikan pemaknaan mendalam mengenai penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keefektifan program pembelajaran juga didukung dengan kepraktisan program pembelajaran selama intervensi yang ditinjau dari penilaian kinerja guru sebesar 89% berkriteria tinggi, penilaian kinerja siswa sebesar 82% berkriteria tinggi, dan penilaian pembuatan produk sebesar 85,94% berkriteria sangat tinggi. Pada tahap setelah intervensi, didapatkan hasil bahwa program pembelajaran berbasis proyek pemanfaatan limbah tanaman pisang untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa mendapatkan respon positif dari guru ditinjau dari respon terhadap aspek kesesuaian isi sebesar 86,89% dengan kriteria sangat tinggi dan aspek kesesuaian konstruksi sebesar 91,78% dengan kriteria sangat tinggi, serta respon siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek pemanfaatan limbah tanaman pisang sebesar 86% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan data-data yang diperoleh pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa program pembelajaran berbasis proyek pemanfaatan limbah tanaman pisang dinyatakan valid & efektif dalam meningkatkan kreativitas ilmiah siswa.\r\nKata Kunci: Kreativitas ilmiah, Limbah tanaman pisang, Pembelajaran berbasis\r\nproyek."^^ . "2023-07-31" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "2023026002"^^ . "NASIRUDDIN"^^ . "2023026002 NASIRUDDIN"^^ . . . . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (File PDF)"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (File PDF)"^^ . . . "3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #74203 \n\nPROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN \nKREATIVITAS ILMIAH SISWA\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . .