creators_name: NABILLAH, creators_id: 1913053052 type: other datestamp: 2023-08-08 01:11:26 lastmod: 2023-08-08 01:11:26 metadata_visibility: show title: ANALISIS PROSES PENDIDIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATERI PERKALIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini masih ditemukan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar matematika merupakan suatu kondisi seseorang yang tidak mampu belajar dan mengerjakan soal matematika dengan baik. Berdasarkan keadaan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesulitan belajar materi perkalian, faktor penyebab kesulitan belajar serta solusi pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik kelas III di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pendidik, peserta didik, dan kepala sekolah. Subyek penelitian yaitu pendidik kelas III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian peserta didik dikelas memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal verbal, hal ini terjadi karena peserta didik tidak mampu memaknai kalimat pada soal cerita. Faktor yang menjadi penyebab peserta didik kesulitan belajar yaitu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik. Pendidik melakukan evaluasi pembelajaran, pendidik juga melakukan penilaian secara individu, berkelompok, tindak lanjut serta pemberian bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar memberikan metode dan media ajar yang berbeda secara individu maupun berkelompok kepada peserta didik yang memiliki kesulitan belajar dan menjalin kerjasama dengan orang tua. Kata kunci: kesulitan belajar, perkalian. The problem in this research still found students who experience learning difficulties. Difficulty learning mathematics is a condition of someone who is unable to learn and do math problems well. Based on these conditions, the researcher conducted a study that aimed to analyze and describe the difficulty of learning multiplication material, the factors that cause learning difficulties and educators' solutions in overcoming learning difficulties in third grade students in elementary schools. This research method uses descriptive qualitative. Sources of data in this study are educators, students, and school principals. The research subjects were third grade educators. Data collection techniques in this study are interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that some students in the class have difficulties in solving verbal questions (story questions), this happens because students are unable to interpret sentences in story problems. Factors that cause students learning difficulties are factors that come from within students. Educators carry out learning evaluations, educators also carry out individual, group, follow-up assessments and provide assistance to students who have learning difficulties provide different teaching methods and media individually or in groups to students who have learning difficulties and collaborate with parents . Keywords : difficulty learning, multiplication. date: 2023-07-17 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1913053052 citation: NABILLAH, (2023) ANALISIS PROSES PENDIDIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATERI PERKALIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/74243/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/74243/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/74243/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf