%0 Generic %A FARHAN ADIB , PAMUJI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:74283 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I UPTD SD NEGERI 5 METRO UTARA %U http://digilib.unila.ac.id/74283/ %X Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya penguasaan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I UPTD SD Negeri 5 Metro Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I UPTD SD Negeri 5 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain one group pretest posttest. Populasi pada penelitian ini berjumlah 31 peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu keseluruhan populasi peserta didik kelas I. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pretest, posttest, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang menunjukkan bahwa nilai