title: PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCINCE, ENVIROINMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN KELAS IV SD creator: UHORI , ADRIYONO subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis Science, Environment, Technology and Society (SETS) pada Materi Siklus Air di kelas IV. Penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk model Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik SD Negeri 1 Jati Indah Tanjung Bintang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata penilaian uji validasi materi diperoleh 0,92 (sangat valid), rata-rata penilaian uji validasi ahli media pembelajaran diperoleh 0,81 (sangat valid), rata-rata penilian uji validasi bahasa diperoleh 0.90 (sangat valid) dan rata-rata penilian uji validasi pedagogik diperoleh 0,93 (sangat valid. Rata-rata angket kepraktisan modul diperoleh 96 (sangat praktis) dan hasil angket dari praktisi (pendidik) diperoleh 94 (sangat prktis). Uji keefektifan dengan posttest. Dari analisis nilai posttest dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan modul pembelajaran berbasis SETS pada Materi Siklus Air kelas IV yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Modul SETS, IPAS, berpikir kritis This study aims to develop a learning module based on Science, Environment, Technology and Society (SETS) model to the Class IV Water Cycle material. The research and development refers to the Borg and Gall development model. This research was conducted on students of SD Negeri 1 Jati Indah Tanjung Bintang. The results of this study indicate that the average assessment of the material validation test obtained 0,92(very valid), the average assessment of the validation test of learning media experts obtained 0,81 (very valid), the average assessment of the validation test of language obtained 0,90 (very valid) and the average assessment of the validation test of pedagogic obtained 0,93 (very valid). The average practicality of the module questionnaire obtained 96 (very practice) and the average practice based on the teachers obtained 94 (very practice). Test the effectiveness with posttest. From the posttest value analysis it can be concluded that the experimental class learning outcomes are better than the control class. Based on the research conducted, it can be concluded that the learning module based on SETS model class IV developed is valid, practical and effective to improve critical thinking. Keyword : SETS module, IPAS, critical thinking date: 2023-07-12 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74299/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74299/3/TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74299/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: UHORI , ADRIYONO (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCINCE, ENVIROINMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN KELAS IV SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/74299/