%A KUSUMANINGRUM DIAH %T HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN DEPRESI, KECEMASAN DAN STRES PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA METRO %X Jumlah pengguna gadget (smartphone) secara global makin meningkat dari tahun ke tahun, gadget juga digunakan sebagai media pembelajaran maupun hiburan pada siswa, sehingga kemungkinan dampak negatif dari penggunaan gadget tidak dapat dihindari.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan intensitas penggunaan gadget dengan depresi, kecemasan dan stres pada pelajar. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional yang dilakukan pada 462 siswa dari enam Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Metro, Lampung mulai Februari-Maret 2023 dengan teknik multistage random sampling. Instrumen yang digunakan yakni kuesioner intensitas penggunaan gadget dan Depression Anxiety Stress Scale (DASS). Analisis dengan uji korelasi Chi Square. Hasil studi menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan depresi (? value <0,001), kecemasan (? value <0,001) dan stress (? value <0,001). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu intensitas penggunaan gadget berhubungan dengan depresi, kecemasan dan stress pada pelajar SMAN di Kota Metro, Lampung. Disarankan pada sekolah agar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada siswa untuk lebih bijak dalam penggunaan gadget serta menindaklanjuti responden yang mengalami masalah kesehatan depresi, kecemasan dan/atau stres dengan berkoordinasi bersama orang tua untuk selanjutnya mendapat penanganan di fasilitas pelayanan kesehatan. Kata kunci : gadget;depresi; kecemasan; stres; siswa. %D 2023 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints74300