<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pembelajaran berbasis\r\nproyek pengolahan limbah sayuran untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa.\r\nMetode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran (mixed methods)\r\ndengan desain embedded experimental model menurut Creswell. Subyek pada\r\npenelitian ini yaitu pada sebelum intervensi melibatkan 10 guru IPA dan 28 siswa\r\nSMP di Kabupaten Tanggamus dan selama intervensi melibatkan 32 siswa kelas\r\nIX A di SMPN 1 Kotaagung Timur. Teknik analisis data kuantitatif dengan Uji\r\nPaired Sample T-Test dan data kualitatif menggunakan teknik analisis deskriptif\r\nkualitatif. Hasil penelitian sebelum intervensi menunjukkan bahwa program\r\npembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah sayuran untuk meningkatkan\r\nkreativitas ilmiah memiliki karakteristik yang valid ditinjau dari aspek kesesuaian\r\nisi dan konstruksi. Hasil penelitian selama intervensi menunjukkan bahwa\r\npembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah sayuran efektif dalam\r\nmeningkatkan kreativitas ilmiah ditinjau dari n-Gain sebesar 0,87 berkriteria\r\ntinggi, uji-t sebesar 27,073 yang artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan\r\npada nilai pretest dan posttest kreativitas ilmiah, serta effect size sebesar 0,96\r\nberkategori efek besar. Keefektifan program pembelajaran juga didukung dengan\r\nketerlaksanaan program pembelajaran selama intervensi yang ditinjau dari\r\npenilaian kinerja guru sebesar 89% berkriteria tinggi, penilaian kinerja siswa\r\nsebesar 89% berkriteria tinggi, dan penilaian pembuatan produk sebesar 87,65%\r\nberkriteria sangat tinggi. Hasil penelitian setelah intervensi didapatkan bahwa\r\npembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah sayuran dalam meningkatkan\r\nkreativitas ilmiah mendapatkan respon positif dari siswa sebesar 95% berkriteria\r\nsangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa program\r\npembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah sayuran yang dikembangkan\r\nmemiliki karakteristik yang valid, terlaksana dengan sangat baik, efektif, dan\r\nmendapat respon positif dari siswa dalam meningkatkan kreativitas ilmiah siswa.\r\nKata kunci: pembelajaran berbasis proyek, limbah sayuran, kreativitas ilmiah\r\n\r\nThis study aims to develop a learning program based on a vegetable waste\r\nprocessing project to enhance students' scientific creativity. According to\r\nCreswell, the research method used is a mixed method with an embedded\r\nexperimental model design. The subjects of this study were before the\r\nintervention involving 10 science teachers and 28 junior high school students in\r\nTanggamus District and during the intervention involving 32 class IX A students\r\nat SMPN 1 Kotaagung Timur. Quantitative data analysis techniques with Paired\r\nSample T-Test and qualitative data using qualitative descriptive analysis\r\ntechniques. The results of the research before the intervention showed that the\r\nvegetable waste processing project-based learning program to increase scientific\r\ncreativity has valid characteristics in terms of the suitability of content and\r\nconstruction. The results of the study during the intervention showed that the\r\nvegetable waste processing project-based learning was effective in increasing\r\nscientific creativity in terms of the n-Gain of 0.87 with high criteria, the t-test of\r\n27.073, which means that there is a very significant difference in the pretest and\r\nposttest scores of scientific creativity, and an effect size of 0.96 is in the large\r\neffect category. The effectiveness of the learning program is also supported by the\r\nimplementation of the learning program during the intervention, in terms of the\r\nteacher's performance assessment of 89% with high criteria, 89% of student\r\nperformance ratings with high criteria, and an assessment of product creation by\r\n87.65% with very high criteria. After the intervention, the results of the study\r\nfound that the vegetable waste processing project-based learning to increase\r\nscientific creativity received a positive response from students of 95% with very\r\nhigh criteria. Based on the results of this study, it was concluded that the\r\nvegetable waste processing project-based learning program developed had valid\r\ncharacteristics, was very well implemented, effective, and received positive\r\nresponses from students to increasing students' scientific creativity.\r\nKeyword: project based learning, vagetable waste, creativity imagination"^^ . "2023-07-31" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "ROSARIA"^^ . "ANADIA "^^ . "ROSARIA ANADIA "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK\r\nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN\r\nKREATIVITAS ILMIAH SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #74310 \n\nPENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK \nPENGOLAHAN LIMBAH SAYURAN UNTUK MENINGKATKAN \nKREATIVITAS ILMIAH SISWA\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . .