%A 1113031065 Shindi Karina Putri %T EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 %X ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Time Token dan STAD untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan sikap terhadap mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. adalah Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. ada perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Time Token dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPS Terpadu, Hal ini terlihat dari hasil pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien Fhitung sebesar 26,136 dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. 2. keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) bagi siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran IPS Terpadu, Hal ini terlihat dari hasil pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien thitung sebesar 10,293 > ttabel 2,12 dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. 3. keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Time Token bagi siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran IPS Terpadu, Hal ini terlihat dari hasil pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien thitung sebesar -4,126 > ttabel -2,12 dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. 4. terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu terhadap keterampilan sosial pada siswa, Hal ini terlihat dari hasil pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien Fhitung sebesar 110,118 dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Kata Kunci: keterampilan sosial, sikap terhadap mata pelajaran ips terpadu, stad, time token. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7433