?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1913021013&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+DITINJAU+DARI+KEMAMPUAN+PENALARAN+MATEMATIS+SISWA%0D%0A(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Negeri+22+Bandar+Lampung%0D%0ASemester+Genap+Tahun+Pelajaran+2022%2F2023)&rft.creator=Indah+Dwi+Hari+Utari%2C+1913021013&rft.subject=000+Ilmu+komputer%2C+informasi+dan+pekerjaan+umum&rft.subject=001+Ilmu+pengetahuan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+efektivitas+model+problem+based+learning+ditinjau+dari+kemampuan+penalaran+matematis+siswa.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+VIII+SMP+Negeri+22+Bandar+Lampung+semester+genap+tahun+pelajaran+2022%2F2023+sebanyak+312+siswa+yang+terdistribusi+ke+dalam+10+kelas+secara+heterogen.+Sampel+dalam+penelitian+ini+ada+2+kelas+yang+dipilih+dengan+teknik+cluster+random+sampling%2C+sehingga+diperoleh+kelas+VIII-6+yang+terdiri+dari+31+siswa+sebagai+kelas+eksperimen+dan+VIII-7+yang+terdiri+dari+30+siswa+sebagai+kelas+kontrol.+Desain+yang+digunakan+adalah+pretest-posttest+control+group+design.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+yang+diperoleh+dari+tes+kemampuan+penalaran+matematis+siswa.+Analisis+data+penelitian+ini+menggunakan+uji+proporsi+dan+uji+mann-whitney.+Hasil+analisis+data+menunjukkan+bahwa+proporsi+siswa+yang+mengikuti+model+problem+based+learning+memiliki+kemampuan+penalaran+matematis+mencapai+kategori+sedang+lebih+dari+60%25+dan+peningkatan+kemampuan+penalaran+matematis+siswa+yang+mengikuti+model+problem+based+learning+lebih+tinggi+daripada+yang+mengikuti+pembelajaran+konvensional.+Dengan+demikian%2C+model+problem+based+learning+efektif+ditinjau+dari+kemampuan+penalaran+matematis+siswa.%0D%0AKata+kunci%3A+efektivitas%2C+penalaran+matematis+siswa%2C+problem+based+learning&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-07-25&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74348%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74348%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74348%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Indah+Dwi+Hari+Utari%2C+1913021013++(2023)+EFEKTIVITAS+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+DITINJAU+DARI+KEMAMPUAN+PENALARAN+MATEMATIS+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Negeri+22+Bandar+Lampung+Semester+Genap+Tahun+Pelajaran+2022%2F2023).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74348%2F