%A 1913021013 Indah Dwi Hari Utari %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 312 siswa yang terdistribusi ke dalam 10 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII-6 yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-7 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan penalaran matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji proporsi dan uji mann-whitney. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proporsi siswa yang mengikuti model problem based learning memiliki kemampuan penalaran matematis mencapai kategori sedang lebih dari 60% dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, penalaran matematis siswa, problem based learning %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1913021013 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints74348